Skip to main content
Namanya dijadikan yel-yel fans Persija, respons Rafathar bikin haru

Namanya dijadikan yel-yel fans Persija, respons Rafathar bikin haru


Klub sepak bola milik Raffi Ahmad, RANS Nusantara FC, baru saja menelan kekalahan dalam pertandingan uji coba menjelang musim baru Liga 1 2022/2023 melawan tim Ibu Kota, Persija Jakarta. RANS Nusantara FC kalah dengan skor 4-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada Sabtu (16/7).

Kekalahan RANS FC dari Persija membuat para suporter Persija, The Jakmania, menyanyikan yel-yel. Nyanyian tersebut membawa-bawa nama Rafathar sebagai putra pemilik RANS FC Raffi Ahmad.

"Rafathar Nangis, Rafathar Nangis" menjadi yel-yel yang ramai bergema di stadion.

Bahkan video keramaian tersebut sampai viral di media sosial. Walaupun Rafathar tidak menggunakan media sosial, rupanya Rafathar mengetahui hal tersebut dari pengasuhnya, Mbak Lala.

Raffi Ahmad pun menceritakan hal tersebut kepada Irfan Hakim. Dia juga menunjukkan foto putranya sedang menangis yang diperolehnya dari mbak Lala.

"Jadi si Mbak Lala itu langsung WA ke gue dia bilang, 'Pak ini Rafathar sedih banyak yang nyanyi Rafathar kalah,' nggak lama si Gigi juga voice note ke gue, 'Papa ini Rafathar sedih banget karena pada bilang Rafathar nangis katanya,' gitu ceritanya," ungkap Raffi Ahmad dilansir brilio.net dari akun TikTok @lookaatme.id, Rabu (20/7).


Awalnya, Raffi Ahmad mengaku sedih saat mendengar Rafathar sedih. Namun ketika mendengar alasan kesedihan putra sulungnya, dia justru tertawa.

"Jadi dia tuh sedih bukan karena lagu itu, tapi kenapa namanya yang dibawa-bawa," sambungnya.


Rafathar melalui voice note juga ikut berbicara. Rafathar dengan tegas protes kepada sang ayah lantaran tidak terima namanya dibawa-bawa pasca Rans Nusantara kalah melawan Persija.

"Raffi Ahmad dong, Raffi Ahmad dong, Raffi Ahmad nangisnya. Kan bukan anaknya yang punya. Raffi Ahmad-nya yang punya, nyebelin," sahut Rafathar.


Raffi mencoba memberi pengertian pada putranya dengan mengatakan itu hal biasa. Tapi tetap saja, Rafathar masih tak terima namanya yang dijadikan yel-yel usai kekalahan Rans FC. Menurut Rafathar, seharusnya ayahnya yang namanya diserukan di stadion, bukan dirinya.

"Aa enggak apa-apa itu namanya suporter," ujar Raffi Ahmad.

"Iya itu kan Raffi Ahmad yang punya, itu papa yang punya, kenapa Aa yang diejekin," kata Raffi menirukan ucapan putranya.

Video Rafathar yang protes tersebut pun hingga kini telah ditonton sebanyak lebih dari 11 juta kali penayangan dan mendapat 1,1 juta likes. Para warganet juga ramai menuliskan beragam komentar. Sebagian besar dari mereka menyayangkan sikap para suporter yang membawa nama anak kecil dalam teriakan yel-yel.

"yaiyalah gimana ga nangis diledekin se stadion dan dia ga salah apa":)," tulis @landszee

"ga ngerti ama suporter persija,,mau heran ya nmnya juga the jack," kata @ind._03

"Jadilah supporter yg bijak ygy, Setidaknya jangan sampe berpengaruh ke mental anak kecil Saling menghargai penting kk," ungkap @ninda_anindayushin
@lookaatme.id sabar yaa rafathar🫶🏻✨ #raffiahmad #rafathar #nagitaslavina #raffinagita1717 #rayyanza #rafatharmalikahmad #foryou #fypシ゚viral #fyp #fypage #foryoupage ♬ Glimpse of Us - Joji