Skip to main content
6 Fakta Tentang Uncle Roger, Komika Malaysia yang Dapat Sebutan Duta Micin Internasional

6 Fakta Tentang Uncle Roger, Komika Malaysia yang Dapat Sebutan Duta Micin Internasional

Nigel Ng atau akrab disapa Uncle Roger baru aja mampir ke studio MasterChef Indonesia beberapa waktu yang lalu dalam rangkaian NG The Haiyaa World Tour” di Jakarta dan Bali. Uncle Roger terkenal berkat video review nasi goreng telurnya yang viral beberapa waktu yang lalu yang dilakukan dengan aksen mirip Manglish.

Uncle Roger memiliki nama asli Nigel Ng Kin-ju, merupakan komika asal Malaysia dan youtuber yang saat ini tinggal di London, Inggris. Kalau kamu ingat nih, kepopulerannya meningkat berkat video roasting resep nasi goreng BBC. Simak 5 fakta tentang Uncle Roger dalam ulasan Diadona berikut ini:

Siapakah Nigel Ng Kin-ju?

Dikutip dari laman Wikipedia, orang tua Ng merupakan orang Tionghoa Malaysia keturunan Hokkien. Lulus dari Chong Hwa Independent High School, Kuala Lumpur pada tahun 2009, dia melanjutkan kuliah di jurusan teknik dan filsafat di Northwestern University di Amerika Serikat. Selanjutnya dia bekerja sebagai seorang data science dan punya halaan GitHub.

Berawal dari Karakter Alter Ego

Awalnya nih Uncle Roger cuman merupakan karakter alter ego atau karakter khusus pangung doang yang dibikin oleh Nigel. Konten yang dibuat berkisar tentang lelucon seputar kehidupan laki-laki dan stereotype masyarakat Asia. Konten-konten tersebut diupload di Instagram dan Tik Tok.

Laki-laki berumur 31 tahun ini juga sering me-review resep maskan sia yang dilakukannya dengan aksen mirip Manglish. Seperti diketahui, dia merupakan keturunan Hokkien. Uncle Roger diceritakan merupakan seorang pria setengah baya yang bekerja di bidang perumahan dengan sikapnya yang humoris.

Karakter ini datang datang dari teman sesama komediannya, Evelyn Mok trus dikembangkan oleh Ng melalui sketsa TikTok dan Instagram ebelum kemudian membawanya ke Youtube.

Stand Up Komedi untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Sebenernya nih stand up komedian merupakan pekerjaan sampingannya. Taiseiring dengan popularitasnya dengan karakter Uncle Roger, dia mulai serius menapaki karier tersebut.

Kehidupan Pribadi

Orang-orang kadang tuh bingung dengan informasi tentang kehidupan personalnya sebab dalam videonya, dia beberapa kali menyebut tentang mantan istrinya, Eva, dan jua bibinya yang bernama Helen.

Namun udah terkonfirmai kok kalau bibinya yang bernamaa Helen cuman karakter fiksi buatannya. Sementara Eva Steiner, nama mantan istrinya, beneran ada. Dalam salah satu rekaman video pada April 2020 lalu, Ng bilang ke youtuber Shu kalau dia sudah bercerai.

Duta Micin Internasional


Di salah satu kontennya, Uncle Roger pernah mengatakan kalau micin atau MSG adalah 'king of flavour'. Malah nih dalam beberapa kontennya, dia juga diketahui menggunakan salah satu produk micin dari Indonesia yang terkenal dan memamerkannya. Gara-gara itu juga, dia dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan duta micin Internasional.

Penghargaan

Sejauh ini seluruh konten dalam channel Youtubenya sudah ditonton lebih dari 250 juta kali dengan jumlah pengikut lebih ari 8 juta untuk semua platform media sosialnya. Sebagai stand up, Nigel dinominasikan sebagai Penghargaan Pendatang Baru Terbaik untuk pertunjukannya yang terjual habis di Edinburgh Fringe Festival pada 2019, dan terjual habis beberapa kali di seluruh Inggris dan Eropa.

Dia juga mendapatkan penghargaan TV termasuk Stand Up Central dan Roast Battle dari Comedy Central, Mock The Week dari BBC Two dan Jonathan Ross Comedy Club dari ITV. Nigel juga menjadi pembawa acara Rice To Meet You, podcast komedi yang sangat populer.

Nggk sabran pengen nonton tayangan Master Chef dengan Uncle Roger. Iya kan?