Skip to main content
MUA Buktikan Wajah Pengantin Jawa Tetap Cantik Tanpa Paes

MUA Buktikan Wajah Pengantin Jawa Tetap Cantik Tanpa Paes

Pengantin adat Jawa seringkali dirias dengan paes di area dahi serta sanggul yang cukup besar. Gaya rambut tersebut sangat cantik dipadukan dengan aksesoris lain khas pengantin Jawa.

Meski merupakan bagian dari adat, ternyata pemakaian paes tidak selamanya dilakukan setiap pengantin. Beberapa wanita enggan menggambar area dahi dan membiarkannya tetap polos tanpa paes.

Hal itu dilakukan oleh klien Makeup Artist (MUA) @fitriliza. MUA dengan hampir 250 ribu pengikut itu menampilkan transformasi makeup pengantin tanpa paes.


Model pengantin Jawa tampil di awal video dengan wajah polos, rambut disanggul, serta pakaian hitam. Setelah dirias dan menggunakan melati pada rambut, penampilannya tampak lebih elegan. Apalagi, riasannya tampak lembut dan dipadukan dengan kebaya putih.

MUA merias wajah model dengan smokey eyeshadow abu-abu silver, eyeliner, produk alis, bulu mata palsu, maskara, lensa kontak, highlight, kontur, blush pink, serta riasan bibir warna pink yang sangat rapi.


Alhasil, wajah model pun tampak sangat anggun dan cantik meski dahinya tidak digambar paes.

" Masyaallah suka sekali makeupnya," kata @andini70.

" Cantek tehhhhhhh," puji @dewi_malaya.

" Masyaallah cantik bgttt," komentar @rthelva.

" Make up nya ga berlebihan, cantik, elegan," tulis @deisy.arsianty.


MUA Cukur Bulu di Wajah Klien, Hasil Makeupnya Bikin Pangling

Sebagian wanita memiliki bulu lebih lebat di seluruh tubuh, termasuk wajah. Mungkin, sekilas bulu lebat di wajah tidak terlalu mengganggu. Namun, ternyata hal tersebut bisa memengaruhi hasil makeup.

Pengaplikasiannya pun cukup sulit dan tidak rapi. Maka dari itu, sebagian wanita mencukur bulu wajah atau dermaplanning. Biasanya, prosesnya dilakukan dengan alat cukur alis secara perlahan agar tidak menyebabkan luka di wajah.

Lukis Barong di Wajah, Riasan TikToker Disangka Filter

Sebagian orang juga melakukannya setelah menggunakan pembersih dan pelembap wajah agar lebih aman. Tidak hanya dilakukan sendiri, ternyata Makeup Artist (MUA) pun melakukannya pada klien agar proses merias wajah lebih mudah.

Salah satu MUA yang melakukannya adalah pemilik akun Instagram @imelda_makeup. MUA yang memiliki lebih dari 45 ribu pengikut itu menunjukkan proses ketika wajah kliennya harus dicukur karena bulu yang sangat lebat.


Imelda juga mengungkapkan, rambut halus pada wajah bisa membuat pengaplikasian foundation lebih kasar dan kulit klien tampak kusam. Hal tersebut pun terlihat ketika wajah klien tampak lebih cerah setelah rambut halusnya dicukur.


Riasan Imelda pun tampak sangat rapi dengan base makeup cerah, alis rapi, eyeliner, lensa kontak, shimmer eyeshadow cokelat, bulu mata palsu, blush peach, kontur, highlight, dan lipstik ombre pink.


Warganet pun memberikan pujian atas hasil makeup-nya yang terlihat rapi dan natural.

" Kau dulu wkt nikah jg gtu kak n hasilnya emg jdi baguus," kata @muhdiian.

" Cantik banget make up nya," puji @ganefianti.

" Cantiikkkkk kyak orang Korea jadinya make upnya," komentar @iras.atina.

" Hasil make up nya keren" ," tulis @two_jam.