Skip to main content
Dulu Ngamen di Jalanan, Kini Farel Prayoga Berangkat ke Sekolah Naik Jet Pribadi, Ini Potretnya

Dulu Ngamen di Jalanan, Kini Farel Prayoga Berangkat ke Sekolah Naik Jet Pribadi, Ini Potretnya

Nama Farel Prayoga semakin moncer setelah viral di TikTok dan diundang menyanyi dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan di Istana Merdeka. Penyanyi cilik asal Banyuwangi, Jawa Timur, itu kini diundang ke berbagai daerah.

Salah satunya, bocah 12 tahun itu tampil di Kalimantan Selatan untuk menghibur dalam HUT ke-17 PT Jhonlin Baratama milik crazy rich Tanah Bambu, H Andi Syamsudin Arsyad, di Batu Licin, Senin 29 Agustus 2022.

Setelah manggung, Farel langsung pulang ke kampung halamannya untuk berangkat sekolah langsung dari Kalsel ke Banyuwangi. Dia terlihat naik jet pribadi dan sudah mengenakan seragam sekolah merah putih lengkap dengan dasi dan topi.

Penampakan Farel naik pesawat dengan berseragam sekolah terlihat dalam unggahan Instagram @zidniyazidni.

“ Nganterin bocil sekolah naik motor ❌ Nganterin bocil sekolah naik jet✅,” tulisnya.


Dalam Instagram Story, Zidni juga membagikan video bersama Farel di dalam pesawat, anak ketiga dari empat bersaudara itu tampak menikmati keberangkatan sekolahnya yang istimewa.


Dalam unggahan Instagram yang lain, @bwi24jam, menuliskan keterangan bahwa Farel berangkat sekolah langsung seusai manggung pada Selasa, 30 Agustus 2022.


“Selepas manggung di Batu Licin, Kalimantan Selatan, Farel langsung pulang ke Banyuwangi dengan mengenakan seragam sekolah, Selasa (30/8/2022),” tulisnya.

Momen Farel berangkat sekolah menggunakan pesawat jet lantas menuai atensi banyak warganet yang menyelipkan komentarnya.

"Alhamdulillah mas farel anak sholeh rezeki gak kemana.. ๐Ÿ˜❤️."

"Lanjutkan keviralanmu nak hahaha."

"Semua netizen ngira fahrel sekolah naik jet jangan salah paham ini anak habis konser di Kalimantan selatan pulang dari Kalimantan langsung pakek seragam sekolah turun di bandara internasional Banyuwangi langsung ke sekolah."

"Edan farel๐Ÿ˜‚ josss๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ."

"nganter anak sekolah naik Jet ya mas ๐Ÿ™Œ๐Ÿ™Œ."


Sosok di Balik Suara Emas Farel Prayoga, Pengamen Cilik Jalanan yang Bikin Istri Jokowi Tak Tahan Berjoget

Sejak tampil sebagai penyanyi tamu di peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Istana Negara, Jakarta, nama Farel Prayoga makin tersohor. Terkenal di media sosial, kini hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal Farel yang menyanyikan lagu ‘Ojo Dibandingke’.

Suara merdu bocah asal Banyuwangi Jawa Timur yang menyanyikan lago dangdut koplo itu membuat tamu undangan, para menteri, bahkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tak bisa menahan diri untuk larut berjoget.

Peringatan HUT Kemerdekaan di Istana Negara semakin riuh ketika Farel mengganti lirik lagunya menjadi " Di hati ini hanya ada Pak Jokowi."

Sosok Farel memang sudah viral di media sosial, publik begitu terkagum dengan suara bocah yang kini baru menginjak 12 tahun itu. Kini ia sedang menempuh pendidikan kelas 6 di Sekolah Dasar Kepundungan 2 Banyuwangi Jawa Timur.

Namun siapa sangka, Farel belajar menyanyi hanyalah bermodal sebagai pengamen jalanan bersama ayahnya. Tanpa didikan pelatih apalagi les vokal, Farel sudah memulai ngamen sejak kelas 3 SD. 

Mengamen Bersama Ayah

Hal ini diketahui dari video lawas yang diunggah YouTube Radar Banyuwangi 2 tahun lalu saat pertama kali suara merdu Farel diketahui publik setelah mengamen bersama sang ayah. Video singkat berdurasi 4 menit 42 detik mengungkapkan sedikit kisah perjuangan Farel.


Saat mengamen, sang ayah hanya bermodal speaker yang terhubung dengan handphone untuk memutarkan musik. Farel kecil sudah berani memegang mike dan mengeluarkan suara emasnya hingga menarik perhatian orang-orang yang mewawancarainya.

“ Baru ini pak, sama ngetes mental,” kata pak Joko, ayah Farel yang mengatakan bahwa sudah 2 bulanan dirinya dan sang anak keliling ngamen.

Belajar Nyanyi hanya dari Sang Ayah

Ayah Farel sendiri dikenal sebagai pria yang memang hobi bernyanyi. Dia biasa mengajak Farel untuk mengamen setelah pulang dari sekolah. 

“ Belajar sama saya,” lanjut Joko.

Mereka berdua berangkat dari desa asalnya Kepundungan ke daerah Genteng dengan menaiki motor yang lau dititipkan.


Joko mengungkap, anaknya itu memang sudah sering diundang ke acara-acara di tetangga, seperti pernikahan. Bahkan pernah juara di kompetisi menyanyi di daerahnya.

“ Juara 1 di Kecamatan Srono,” ucapnya.

Sosok Farel Kecil yang Suka Nyanyi

Joko juga mengatakan tak memanfaatkan Farel untuk membantunya mengamen setiap hari. Putranya biasanya hanya diajak serta sebanyak 2 kali dalam seminggu. Waktu mengamen Farel pun tidak sepanjang hari karena sang ayah khawatir putranya kelelahan ketika harus bersekolah keesokan harinya.

Dari hasil mengamen sekitar dua jam, Joko mengaku bisa menghasilkan uang berkisar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu.

Sebelum tampil sebagai penyanyi di upacara Kemerdekaan kemarin, Farel sudah terlebih dahulu terkenal di sekolahnya. Setiap ada perhelatan acara, Farel selalu menjadi orang pertama yang diminta untuk mengisi acara. 

Semua aktivitas itu dilakukan Farel karena dia merasa senang, termasuk dengan ajakan mengikuti kegiatan mengamen bersama ayah. Farel ternyata hanya punya alasan sederhana. Dia ingin mendapatkan uang.

“ Dapat uang,” kata Farel.

Kini Jadi Idola Baru

Berawal dari jadi pengamen keliling, putra yang lahir di Banyuwangi 8 Agustus 2010 itu kini pun sudah menjajaki dunia kariernya.

Farel pernah manggung dan duet bersama penyanyi dangdut Filla Talia. Penampilannya bahkan sudah ditonton sebanyak 19,9 juta kali di YouTube ONE NADA Record Official hingga pernah masuk trending di YouTube.

Farel pun dilirik management Aneka Safari. Ia banyak menyanyikan lagu-lagu campursari. Kini Farel memiliki fans 18K followers di akun instagramnya @farel.prayoga.official.