Skip to main content
10 Potret Jirayut, Pedangdut Thailand yang 'Indonesia Banget' - Didukung Naturalisasi Jadi WNI Sama Netizen

10 Potret Jirayut, Pedangdut Thailand yang 'Indonesia Banget' - Didukung Naturalisasi Jadi WNI Sama Netizen

Sudah empat tahun Jirayut merantau ke Indonesia dari Thailand. Selama itu, pemilik nama asli Afisan Jehdueramae sukses meraih popularitas berkat skill-nya sebagai penyanyi dangdut hingga jadi pembawa acara dan aktor.

Meski lahir dan besar di Thailand, Jirayut ternyata punya sifat dan karakter yang 'Indonesia banget' lho, KLovers. Seperti apa kisahnya?


Jirayut pertama kali datang ke Indonesia dalam gelaran D'Academy Asia Musim 4 tahun 2018. Meski tersenggol di babak 10 besar, Jirayut tak lantas pulang ke negaranya. 


Punya wajah baby face serta karakter periang dan supel, Jirayut melebarkan sayapnya jadi pemain FTV hingga jadi pembawa acara. 


Perbedaan bahasa nyatanya bukan jadi penghalang Jirayut untuk jadi MC. Hanya dalam waktu setahun, Jirayut telah fasih berbahasa Indonesia. Kok bisa?


Rupanya, letak geografis dan budaya dari tempat tinggal Jirayut di Thailand cukup berpengaruh. Jirayut tinggal di Thailand bagian selatan yang juga menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa kesehariannya. 


Sebagai informasi, Thailand bagian selatan berbatasan dengan Malaysia yang sebagian besar penduduknya berbahasa Melayu dan beragama Islam. 


Selain itu, bantuan dari rekan host di Indosiar seperti Irfan Hakim, Ramzi, hingga Gilang Dirga membuat Jirayut makin cepat beradaptasi. 


Lebih terkenal di Indonesia daripada negara asalnya, Jirayut sempat menyebut bahwa Indonesia adalah rumah keduanya. 


Pada acara talkshow bersama Vincent dan Desta, Jirayut mengaku hafal lagu 'Hari Merdeka'. Desta yang menyaksikan Jirayut menyanyikan lagu tersebut langsung berkata bahwa Jirayut lebih Indonesia dari orang Indonesia sendiri. 


Nggak cuma itu, sebelumnya Jirayut juga tampil 'Indonesia banget'. Ia dengan lahap menyantap kuliner khas Indonesia hingga nyanyi pakai batik. 


Melihat Jirayut yang sudah seperti orang Indonesia, banyak netizen yang menyebut kalau Jirayut sudah cocok untuk ditawari naturalisasi alias pindah kewarganegaraan menjadi WNI. Gimana menurutmu, KLovers?