Skip to main content
Lekat dengan kesan sederhana, 9 potret rumah apung penataannya apik ini bukti nyaman tak harus mewah

Lekat dengan kesan sederhana, 9 potret rumah apung penataannya apik ini bukti nyaman tak harus mewah

Rumah tidak harus dibangun di atas tanah dan dari batako maupun semen. Kamu bisa memiliki hunian yang nyaman dari material kayu maupun lainnya. Selain itu, hunian harus disesuaikan dengan area tempat di mana kamu tinggal.

Seperti rumah apung yang terletak di pinggiran sungai ini. Di Kalimantan, rumah apung bukan lagi fenomena yang mengagetkan. Pasalnya, Kalimantan memiliki sungai yang lebar dan dimanfaatkan penduduk sekitar untuk membangun rumah.

Alih-alih mengeruk pinggiran sungai, mereka membangun rumah apung. Rumah apung tersebut akan menyesuaikan tinggi debit air. Agar mampu mengapung, rumah tersebut terbuat dari kayu ulin yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap air.

Rumah apung di Kalimantan kerap disebut dengan rumah lanting. Pemilik akun TikTok @wxyz9333 ini membagikan nuansa rumah lanting di pedesaan Kalimantan Tengah yang sederhana. Meski sederhana, penataan rumah yang rapi membuatnya terlihat nyaman untuk ditinggali.

Penasaran seperti apa penampakan rumah apung ini? Berikut brilio.net himpun potretnya dari TikTok @wxyz9333, Sabtu (27/5).

1. Rumah apung sederhana dengan luas yang minimalis ini terletak di pinggiran sungai di Muroi Raya, Kalimantan Tengah.


2. Seperti ini bagian depan rumah yang sudah menghadap ke sungai. Untuk beraktivitas di area yang menyebrangi sungai, mereka menggunakan perahu kecil.


3. Meski tinggal di rumah apung yang sebagian besar terbuat dari kayu, rumah ini memiliki penataan yang rapi dan apik sehingga bikin nyaman mata.


4. Agar tidak perlu membeli berbagai harga bahan pokok yang memiliki selisih besar dengan di kota, pemilik rumah selalu menyetok bahan makanan dari kampung halaman.


5. Diketahui, pemilik rumah ini berprofesi sebagai guru di desa. Sehingga mengharuskan dirinya tinggal di rumah apung agar dekat dengan sekolah tempatnya mengajar.


6. Begini penampakan rumahnya yang cukup terlihat sederhana tetapi cukup lapang sehingga nyaman ditinggali.


7. Begini penampakan dapurnya yang juga sangat sederhana. Meski begitu, penataannya rapi dan terlihat begitu terjaga kebersihannya.


8. Sementara itu, ini bagian kamar mandi dan tong sampah.


9. Untuk bersih-bersih seperti mencuci pakaian dilakukan di sungai ini. Meski terlihat kemerahan, air sungai ini sangat bersih, lho.