Skip to main content
Quraish Shihab Bangga Najwa Shibab Tak Pakai Jilbab: Kalau Dia Yakin, Silakan

Quraish Shihab Bangga Najwa Shibab Tak Pakai Jilbab: Kalau Dia Yakin, Silakan

Guru besar Quriash Shihab mengaku tidak malu dengan keputusan Najwa Shihab yang belum ingin memakai jilbab. Alih-alih demikian, ia justru bangga.

Mantan menteri agama itu mengatakan bila Najwa Shihab yakin dengan pilihannya, maka ia mempersilakan sang putri untuk memillihnya.

"Saya malah bisa bangga, kalau ada yang membenarkan dan dia yakin dengan itu, silakan," kata Quraish Shihab, mengutip kanal YouTube Daniel Mananta pada Jumat (28/7/2023).

Sedari dulu, Quraish Shihab tidak pernah meminta anak maupun istrinya untuk memakai jilbab. Anak-anaknya yang memakai jilbab itu berdasarkan keputusan mereka sendiri.

"Jadi saya tidak paksa anak saya atau istri saya pakai jilbab. Mereka yang pakai jilbab itu karena itulah yang dianggap baik, yang tidak ya silakan," ujar ulama 79 tahun ini.


Hal terpenting bagi Quraish Shihab adalah Najwa Shibab masih berpakaian sopan dan tidak melanggar agama.

"Karena saya tahu, semua dimungkinkan. Semua boleh, yang penting tidak melanggar agama, yang penting sopan, yang penting sesuai dengan apa yang dianggap baik," imbuhnya.

Quraish Shihab mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah memaksa anak-anaknya dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam memakai jilbab.

"Karena sejak semula pendidikan anak-anak itu tidak pernah berdasarkan paksanaan. Tidak akan sukses anak itu kalau anda paksa dia," tutur Quraish Shihab.

Sambil tersenyum, Quraish Shihab menambahkan, "Kita tinggal mengarahkan. Ini begini, ini begini. Silakan pilih."

youtube image