Skip to main content
Detik-detik wanita rekam beda langit Jogja dan Jakarta dari pesawat, terekspos pekatnya polusi ibukota

Detik-detik wanita rekam beda langit Jogja dan Jakarta dari pesawat, terekspos pekatnya polusi ibukota

Kualitas udara di Jakarta kembali menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan udara terburuk di dunia. Data ini diambil dari situs pemantauan kualitas udara IQAir pada pukul 06.00 WIB, di mana indeks kualitas udara (AQI) berada di angka 170 atau masuk dalam kategori tidak sehat, dengan polusi udara PM2.5.

Sejumlah wilayah di Jakarta juga tercatat masuk di kategori sangat tidak sehat dengan indeks AQI di atas 201, seperti di Cilandak Timur dan Kebayoran lama di angka 206. Pekatnya polusi udara di kawasan Jakarta ini menjadi buah bibir warganet di media sosial.

Masalah yang tak kunjung usainya selalu jadi topik menarik untuk dibahas. Sebab, Jakarta sebagai kota besar menjadi tempat untuk mengadu nasib dari seluruh penjuru Indonesia, termasuk di daerah suburban seperti Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, dan sekitarnya.

Di tengah keramaian tentang polusi, sebuah video memperlihatkan perbandingan langit di Yogyakarta dan Jakarta yang sangat jomplang. Video itu diambil dan dibagikan oleh akun TikTok @notpusing pada Sabtu (12/8) kemarin.


Dalam rekaman tersebut, wanita bernama Sheena Mulan sedang merekam perjalanannya menggunakan pesawat dari Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) menuju Soekarno Hatta CGK.

"Flight YIA - CGK termerinding yg pernah aku rasain," tulisnya dalam video.


Di awal video, Sheena Mulan merekam pemandangan langit Yogyakarta yang biru dan cerah sekitar pukul 6.25 WIB. Sheena menambahkan pagi itu terasa dingin di Jogja. Dia juga senang melihat pemandangan bukit dan sawah di sekitar bandara.

"hijau, asri, nenangin," ungkapnya.

Sekitar 1 jam di dalam pesawat, Sheena yang tertidur kaget melihat pemandangan di balik jendela ketika bangun. Di sana hanya terlihat seperti asap putih untuk beberapa saat.

"Sempet ketiduran dan kaget. Ini ada dimana? Lagi masuk awankah?" tanyanya bingung.


Rupanya pesawat yang ditumpangi Sheena sudah berada di Jakarta dan siap mendarat. Namun, pemandangan pagi hari di Ibu Kota tersebut bikin dia tak habis pikir. Udara pagi itu sedang tidak baik-baik saja. Rumah dan gedung diselimuti asap yang pekat.

"Ternyata oh ternyata, udah sampe jakarta. Semerinding itu liat polusi," ungkapnya.

Langit yang seharusnya berwarna biru cerah, ini justru abu-abu karena tertutup polusi yang tebal. Bahkan bandara di seberang pesawat sampai tidak terlihat.


Video ini sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali dengan beragam komentar dari warganet. Tidak sedikit yang ikut mengeluhkan udara di Jakarta.

"Jakarta butuh WFH ga sih?" kata VIAMAKEUPSMG.

"langit jakarta jam 12 siang kaya langit bogor jam 6 pagi nangis bgt polusinya," komentar muymuy.

"Gue batuk ngga sembuh2. Sampe udh mau sembuh pun malah batuk lagi gajelas bangettt capekkkkkk," ujar meunomeetia.

"Jabodetabek kayaknya gitu smua gaksi? gw di bekasi liat pemandangan sekitar jam 7 pagi ge ketutup polusi," timpal rengginang.

@notpusing Merinding bgt, stay protected ya guys. Info langsung meluncur ke dm😭 #stayhealthy #jakarta #polusi #polusiudara #asuransi #asuransiallianz ♬ snowfall - Øneheart & reidenshi