Skip to main content
7 Curhatan Babe Cabita yang Ungkap Idap Anemia Aplastik, Sempat Alami Masa Kritis

7 Curhatan Babe Cabita yang Ungkap Idap Anemia Aplastik, Sempat Alami Masa Kritis

Kabar kurang menyenangkan datang dari aktor sekaligus komedian Babe Cabita. Sebelumnya, pada Juni 2023, Babe Cabita sempat dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya yang menurun karena diduga terkena demam berdarah.

Namun, usai menjalani berbagai pemeriksaan yang ada, diketahui jika dirinya justru mengidap anemia aplastik. Hal ini ia ungkapkan saat hadir di podcast Deddy Corbuzier. Dalam podcast tersebut, Babe Cabita pun menceritakan mengenai perjuangannya dalam menghadapi anemia aplastik.

Penyakit yang diidap oleh pria 34 tahun ini pun diketahui disebabkan karena autoimun yang ia miliki. Anemia aplastik sendiri merupakan jenis kelainan darah karena kerusakan sumsum tulang yang biasa menghasilkan sel darah. Bahkan, Babe Cabita juga sempat diduga mengidap leukimia karena hal tersebut.

Curhatan Babe Cabita dalam podcast Deddy Corbuzier pun langsung menjadi sorotan banyak netizen. Terlebih, banyak pula yang tak menyangka jika Babe Cabita mengidap anemia aplastik karena selalu terlihat ceria di berbagai unggahannya.

Dirangkum Liputan6.com dari channel YouTube Deddy Corbuzier, berikut ini curhatan Babe Cabita saat ungkap idap anemia aplastik, Jumat (1/9/2023).

1. Sempat dicurigai leukimia


Melalui akun Instagram, komika asal Medan ini memang diketahui sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Sebelumnya, dirinya juga diduga mengalami demam berdarah atau DBD. Pasalnya, dari hasil pemeriksaan, trombosit dirinya cukup rendah. Akhirnya Babe Cabita pun menjalani pemeriksaan.

Namun, usai menjalani pemeriksaan lebih detail, dokter pun sempat mendiagnosis dugaan awal jika dirinya mengidap leukimia. Pasalnya, cukup banyak sel darah putih yang ada di tubuhnya.

"Jadi dokter itu sempat mencurigai aku leukimia. Karena ciri-cirinya mengarah ke leukimia. Waktu pemeriksaan darah pertama, di darah tepinya itu ada darah putih. Kalau kata dokter seharusnya sel darah putih itu di satu tempat aja, tapi ini ada di beberapa titik, menyebar," ujar Babe Cabita dalam channel YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (1/9/2023).

2. Diketahui jika idap anemia aplastik


Mengetahui jika adanya dugaan ia mengidap leukimia, dokter pun memilih untuk menjalani pemeriksaan yang lebih detail. Usai menjalani serangkaian pemeriksaan, hasil laboratorium menunjukkan jika dirinya justru mengidap anemia aplastik.

Babe Cabita menyebutkan jika awalnya ia masuk rumah sakit karena dugaan DBD, namun justru mengidap penyakit yang lebih parah.

"Dokter itu sempat mencurigai kalau aku itu leukemia karena ciri-cirinya mengarah ke leukemia, hasilnya ternyata bukan leukemia, hasilnya anemia aplastik, lanjutnya.

3. Alami masa kritis


Lebih lanjut, Babe Cabita juga mengungkapkan jika dirinya sempat mengalami masa kritis. Bahkan, fase kritisnya justru terjadi saat hasil diagnosa dokter belum keluar.

"Kritisnya pada saat sebelum diketahui penyakit anemia aplastik itu. Jadi awal mulanya aku masuk (ke rumah sakit) DBD, kalau DBD itu kan yang turun itu trombosit, nah kalau aku semua turun, pada saat itulah dikatakan kritis," ujar Babe Cabita.

4. Karena autoimun


Dalam podcast tersebut, Babe Cabita juga mengungkapkan mengenai awal mula ia mengidap anemia aplastik. Pemain Comic 8 ini menyebut jika anemia aplastik yang diidapnya karena autoimun.

"Anemia aplastik itu penyakit yang disebabkan oleh autoimun. Jadi normalnya kan imun buat mempertahankan kita dari penyakit. Nah imun aku itu malah menyerang tulang sumsum sehingga nggak bisa menghasilkan Hb, sel darah putih, trombosit itulah," jelasnya.

5. Sempat menyuruh istri menjual berbagai aset


Saat mengetahui jika dirinya mengidap penyakit langka yang disebabkan autoimun dan sempat mengalami masa kritis, Babe Cabita juga sempat berpikiran negatif. Dirinya bahkan sempat meminta kepada istri untuk menjual berbagai aset yang dimiliki untuk biaya keperluan rumah tangga nantinya.

"Aku tuh waktu sakit parah itu aku udah sampai bilang sama istri untuk jual semua hobi-hobi aku. Jual itu ada vespa supaya ada uang pemasukan. Karena aku berpikirnya sebentar lagi aku nih," ungkap Babe Cabita yang membuat Deddy Corbuzier terkejut.

6. Harus mengonsumsi obat seumur hidup


Babe Cabita juga membeberkan jika penyakit yang diidapnya tidak bisa sembuh total. Namun, ia bisa mengurangi rasa sakit yang dideritanya dengan mengonsumsi obat secara rutin.

"Kata dokter sembuh total nggak bisa. Karena kan tulang sumsumku sudah rusak. Jadi harus konsumsi obat seumur hidup, satu hari tiga kali. Satu pil Rp 100 ribu jadi sehari bisa Rp 300 ribu buat obat," tuturnya.

7. Mendapat bantuan dari Kaesang Pangarep


saat menjalani perawatan intensif, ayah dua anak ini pun diketahui membutuhkan darah untuk menjalani transfusi saat kondisinya kritis. Namun rupanya, stok darah di PMI tengah kosong. Ia pun sempat meminta teman-temannya untuk membantu mencari stok darah yang dibutuhkan. Akan tetapi, darah yang dibutuhkan kosong di PMI ataupun rumah sakit.

Babe Cabita pun teringat jika ia pernah menjalani syuting bersama Kaesang Pangarep. Ia akhirnya mencoba menghubungi Kaesang untuk mendapatkan bantuan.

"The power of friendship, jadi waktu itu aku minta darah ke rumah sakit tidak ada, ke PMI kosong, saat itu yang dibutuhin bukan darah biasa bukan yang merah, tapi yang kuning itu lho apa namanya Leukosit ya," ujarnya.

Dirinya pun tak menyangka jika darah yang dicari berhasil ditemukan. Bahkan, ia juga menyebutkan jika Kaesang benar-benar membantunya saat masa kritis yang ia alami.

"Akhirnya aku teringat pernah podcast sama Kaesang, terus aku nelpon Ari orangnya Kaesang. Terus nggak tahu cerita nggak tahu gimana, akhirnya Kaesang dapet tuh. Kaesang bantu lah ibaratnya," ujar Babe Cabita.