Skip to main content
Akui Bukan Orang Sunda, Ini Cerita Ariel Tatum Ungkap Pengalaman Nari Jaipongan yang Ternyata Belajar Dadakan

Akui Bukan Orang Sunda, Ini Cerita Ariel Tatum Ungkap Pengalaman Nari Jaipongan yang Ternyata Belajar Dadakan

Ariel Tatum tampil menawan saat menarikan tarian tradisional Jaipongan di pagelaran Sukabumi 1980. Tidak hanya sendiri, artis cantik berusia 27 tahun ini sepanggung dengan Happy Salma pada acara seni dan budaya yang digelar pada, Jumat, 08 Desember 2023.

Ikut tampil menari Jaipongan, Ariel Tatum mengakui momen tersebut menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Dalam potret yang diunggah melalui akun media sosial, artis cantik kelahiran 1996 silam ini tampil mengenakan kebaya cantik bersama Happy Salma.

Penampilannya yang anggun dalam setiap gerakan tari Jaipongan membuat Ariel Tatum banjir pujian netizen. Rupanya, ada cerita dibalik pengalaman mengagumkan Ariel Tatum dalam pagelaran Sukabumi 1980 yang menghadirkan keindahan seni tradisional Sunda. Berikut ini faktanya KLovers.

1. Kenang Masa Jaya Kesenian dan Budaya Sunda


Mendapat kesempatan tampil di acara Sukabumi 1980 membagikan cerita menarik dibalik penampilannya tersebut. Menurut pengakuannya, Ariel Tatum merasa turut mengenang kembali momen bersejarah saat masa kejayaan seni dan budaya Sunda tahun 1980.

"Kilas balik hari Jumat lalu, saat merayakan tradisi seraya mengenang kembali suasana meriah Sukabumi, pada masa jaya beragam kesenian dan kebudayaan Sunda." Tulis Ariel Tatum seperti dalam caption @arieltatum.

2. Tampil Nari Jaipongan Diiringi Musik Tradisional


Pagelaran yang diadakan di Selabintana Conference Resort, Sukabumi, Jawa Barat ini memberikan kesan tersendiri di hati Ariel Tatum. Ia mengaku bahagia saat terlibat dalam pertunjukan seni tradisional Sunda. Suasana gembira terasa dalam setiap gerakan tari yang dibawakannya, disertai dengan iringan irama membuatnya ikut terharu.

"Di bawah langit berkabut Selabintana, kami menyanyi dan menari penuh gembira sambil diiringi magis-nya gubahan musik tradisional gamelan, berbagi energi dengan para seniman setempat yang luar biasa bertalenta ah! Aku terharu." Sambungnya

3. Akui Bukan Orang Sunda


Menariknya, Ariel Tatum mengaku dirinya bukanlah orang Sunda. Namun, ia antusias saat terlibat dalam melestarikan kembali seni tradisional Sunda di pagelaran Sukabumi 1980. Seperti inilah potret menawan Ariel Tatum yang kecantikannya turut buat salfok netizen.

"Ku bukan orang Sunda," kata Ariel Tatum.

4. Belajar Jaipongan Dadakan


Selain itu, Ariel mengungkap bahwa pengalaman menari Jaipongan ini menjadi yang pertama baginya. Pasalnya, Ia baru diajari mendadak dan sebelumnya belum pernah menari di depan banyak orang. Meski begitu, Ariel Tatum terlihat tampil totalitas saat sepanggung dengan Happy Salma.

"Baru diajarin Jaipongan secara mendadak, dan ga pernah menari di depan banyak orang." Lanjutnya.

5. Bangga Bisa Tampilkan Tarian Tradisional


Ariel Tatum mengungkapkan rasa bangganya menjadi bagian dari pagelaran seni tradisional yang mulai terlupakan. Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Happy Salma dan Renita Sari, yang telah membimbingnya saat tampil membawakan tari Jaipongan.

"Tapi sungguh bangga bisa menjadi bagian dari jenis pagelaran pentas seni yang sudah perlahan hilang ini. Terima kasih Teteh @happysalma dan Ibu @renitasari, sudah "mengantar" aku ke Sukabumi untuk pertama kalinya dan memberikan kesan yang begitu manis." Ujar Ariel Tatum.

6. Ungkap Harapan


Dibalik kesuksesan penampilannya ini, Ariel Tatum turut menyampaikan harapannya secara khusus. Ia berharap agar acara pelestarian budaya Indonesia semakin sering diadakan. Hal ini juga mendukung generasi muda untuk mempelajari tradisi leluhur yang perlahan mulai terlupakan.

"Doaku semoga lebih sering lagi kita semua mengadakan acara pelestarian budaya Indonesia yang sangat kaya dan beraneka-ragam ini, juga adanya keinginan dari para generasi muda untuk mempelajari tradisi leluhur kita sendiri. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?" Ungkap Ariel Tatum.

7. Pakai Kebaya yang Sama dengan Penari 1980


Melalui akun media sosial, Ariel Tatum juga membagikan momen manis dengan foto dirinya dan Happy Salma. Foto tersebut menampilkan gaya anggunnya dengan kebaya cantik karya Didiet Maulana. Menariknya, secara kebetulan kebaya tersebut tak sengaja serupa dengan kebaya yang dikenakan penari di tahun 1980.

"Saya dan Teh Happy, "dipeluk" kebaya karya Mas @didietmaulana yang tidak sengaja serupa dengan slide sebelumnya (penari Jaipongan di tahun 1980)." Tulis Ariel Tatum.

Itulah cerita Ariel Tatum ungkap pengalaman menari Jaipongan yang penuh kebahagiaan, tantangan, dan kebanggaan dalam melestarikan seni dan budaya yang mulai terlupa.