Skip to main content
Baru Sah Nikah Setelah Punya 3 Cucu, Kakek Berumur 71 Tahun Ini Dikirab Pakai Volkswagen Keliling Kota!

Baru Sah Nikah Setelah Punya 3 Cucu, Kakek Berumur 71 Tahun Ini Dikirab Pakai Volkswagen Keliling Kota!


Ketika banyak orang mengira bahwa usia tua adalah alasan untuk menyerah, kisah kakek bernama Tukimin Atmo Prawiro akan membuktikan sebaliknya. Kakek berusia 71 tahun ini justru baru saja menikah secara massal di Pendopo Pengabdian kompleks rumah jabatan (Rumjab) Wali Kota Magelang pada hari Rabu (20/12/2023).

Uniknya, kisah pernikahan massal kali ini tidak hanya mencakup pasangan-pasangan muda, tetapi juga melibatkan Tukimin yang sudah berusia lanjut. Tukimin dan Endang Purwaningsih (49 tahun) akhirnya meresmikan pernikahan mereka secara negara setelah dikaruniai 3 anak dan 1 cucu. Diketahui Tukimin dan Endang selama ini hanya mampu menikah secara siri akibat kendala ekonomi pada tahun 2003 silam.

Namun kali ini, Tukimin dan sang istri tak hanya merayakan pernikahan sah secara negara, tetapi juga menikmati prosesi pernikahan yang tak biasa. Usai prosesi ijab kabul, mereka diarak naik mobil Volkswagen mengelilingi kota Magelang bersama dengan belasan pasangan lainnya.

Tukimin mengungkapkan bahwa alasannya mengikuti pernikahan massal adalah untuk melepaskan status pernikahannya yang sebelumnya tak sah secara negara. Baginya, kejujuran dan keabsahan pernikahan tak hanya penting di tengah keluarga besar, tetapi juga di mata masyarakat. Ia juga tak ingin sang istri merasa malu karena hanya dinikahi secara siri selama ini.

Pernikahan massal yang membahagiakan ini bertajuk "Nikah Mubarok", diselenggarakan atas kerja sama antara Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), Tim Penggerak PKK Kota Magelang, Kementerian Agama, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang. Dengan melibatkan 18 pasangan dari wilayah Kecamatan Magelang Utara, Selatan, dan Tengah, kegiatan ini bertujuan untuk memberi kebahagiaan kepada pasangan dengan ekonomi menengah ke bawah, yang sebelumnya belum mampu menikah secara resmi.

Kisah inspiratif Tukimin mengikuti pernikahan massal ini memberikan cerminan bahwa cinta sejati dan keinginan untuk memiliki pernikahan yang diakui secara resmi tak mengenal batasan usia. Melalui pernikahan massal ini, Tukimin memberikan inspirasi kepada banyak pasangan lainnya untuk mengikuti jejaknya dalam mengejar kebahagiaan yang sah di mata negara. Semoga langgeng terus, ya!