Skip to main content
Denny Sumargo Ucap Syahadat Mengikuti Tamu Podcastnya, Deryansha Azhary Tegaskan Tak Ada Unsur Candaan setelah Ditegur Warganet

Denny Sumargo Ucap Syahadat Mengikuti Tamu Podcastnya, Deryansha Azhary Tegaskan Tak Ada Unsur Candaan setelah Ditegur Warganet


Denny Sumargo belum lama ini mengundang Deryansha Azhary atau Dery Kasisolusi yang juga dikenal sebagai eks bassist Vierratale sebagai tamu di podcastnya. Diketahui, Deryansha Azhary kini sudah berhijrah alias mendalami agama Islam secara sungguh-sungguh.

Hadir di podcast Denny Sumargo, Deryansha Azhary juga berbicara mengenai agama Islam sebagai wawasan untuk sang aktor. Rupanya, Dery sempat menyampaikan topik Rukun Islam. Poin pertama Rukun Islam adalah "Syahadat" atau mengucap dua kalimat syahadat.

Dery pun tiba-tiba saja menyampaikan kalimat syahadat yang dalam keilmuannya kerap kali diaplikasikan sebagai syarat masuk bagi seseorang yang bersungguh-sungguh untuk memeluk agama Islam dari keyakinan sebelumnya (mualaf).

Tak disangka, Denny Sumargo yang bukan seorang muslim pun ikut mengucapkan kalimat syahadat yang disampaikan oleh Deryansha Azhary.

Tak hanya kalimat aslinya, Denny Sumargo juga mengulang arti dari syahadat yang diucapkan Dery. Sempat girang, Dery kemudian mengklarifikasi teguran beberapa orang warganet yang menudingnya mencandai kalimat syahadat.

Denny Sumargo Ikuti Ucapan Dery


Terdengar dalam cuplikan podcast yang potongannya diunggah Denny Sumargo melalui akun Instagram @sumargodenny, suami Olivia Allan sekadar mengikuti ucapan dari Dery.

"Rukun Islam dari yang pertama syahadat. Pelan-pelan coba, enggak apa-apa. Ini sambil biar tahu pengetahuan, ya. Kan Rukun Islam ada berapa? Ada lima," ujar Dery sembari mengulang jawaban Densu.

"Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah... Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah sesungguhnya utusan Allah," ucap Denny Sumargo.

Ungkapan Girang Dery Dengar Denny Sumargo Ucap Syahadat


Mendengar Denny Sumargo lancar mengucap syahadat, Dery pun langsung menyerukan takbir. "Allahuakbar!" ucap Derry lantang sembari meluapkan kegembiraan sekaligus memeluk erat Denny Sumargo.

"Senang banget gue. Anda sudah mengucapkan saksi sumpah bahwa Anda sekarang sudah masuk Islam, Bang Den. Masya Allah. Tiga puluh empat tahun, dan gue pertama kali mengislamkan seorang Denny Sumargo," cetus Dery.

Namun begitu, Denny Sumargo terlihat kebingungan dan begitu mengetahui maksud Dery, Densu langsung menyanggahnya. Densu juga bertanya dalam keterangan video tersebut mengenai benar tidaknya kalimat tersebut merupakan cara untuk memasukkan seseorang agar beragama Islam.

"Serius nanya ni, emangnya kalau mengucapkan kalimat Syahadat, automatis masuk Islam?" tanya Densu di keterangan teks.

"Kalo cuma mengucap secara lisan aja gak serta merta menjadi muslim, Syarat syahadat ada tujuh....," seorang warganet merespons.

Dery Ditegur Sejumlah Warganet

Lantaran beredarnya video tersebut, Deryansha Azhary menerima beragam tanggapan dari warganet. Tak hanya ungkapan selamat dan syukur, Dery juga ditegur sejumlah warganet yang menudingnya mencandai kalimat syahadat.

"Narsum yg telah menciderai makna syahadat 🙌 tolong share ajaran yg benar," kata seorang warganet.

"Duhh ilah syahadat dijadiin becandaan 😢," tulis yang lainnya menegur.

"Ga lucu..narsumnya ngawur syahadat kok buat becandaan," kata seorang lagi.

Pembelaan Dery dan Dukungan Sejumlah Warganet

Namun begitu, Dery akhirnya menyampaikan pembelaan setelah muncul komentar yang bernada mendukungnya. Ia menyangkal tudingan menjadikan kalimat syahadat sebagai candaan. Justru jika menyimak podcast secara penuh di YouTube, perbincangan mengarah lebih serius dan penuh perenungan.

"Yok bisa yok ambil posisi pikiran positive, bercanda atau tidak bercanda kita ambil makna nya, Islam itu damai tentram, jangan ambil Negative nya bisa kan bisaaa. Ini bisa menjadi cara untuk menyebarkan sesuatu yang agama bukan sesuatu yang menakutkan 🙌, Makasih yaa," seorang warganet mendukung Dery. Alhasil, Dery pun menanggapi sekaligus menyampaikan pembelaannya.

"Cerdas 👍🏼 Lagian gak ada yang lagi becanda juga, gue sangat serius dalam pembahasan ini, agama gak boleh dijadikan mainan," respons Dery di kolom komentar sembari mengklarifikasi.