Skip to main content
Keinginan Kiki Fatmala Sebelum Meninggal Dunia: Aku Ingin Menjadi Pelaku Firman

Keinginan Kiki Fatmala Sebelum Meninggal Dunia: Aku Ingin Menjadi Pelaku Firman


Aktris pemeran Si Manis Jembatan Ancol, Kiki Fatmala tutup usia pada Jumat (1/12/2023). Kabar duka ini langsung disampaikan oleh pihak keluarga di Instagram.

Kiki Fatmala meninggal dunia di usianya yang menginjak 56 tahun. Penyebab dari kematiannya karena komplikasi akibat penyakit kanker yang dideritanya.

"Dengan kesedihan yang mendalam dan hati yang berat, kami menyampaikan kabar mengenai berpulangnya orang tercinta kami, Kiki Fatmala, seorang keluarga dan teman bagi banyak orang," tulis pihak keluarga.

"Ia meninggal dunia di usia 56 tahun akibat komplikasi dari penyakit kanker," lanjut pihak keluarga.

Kabar meninggalnya Kiki Fatmala ini membuat berbagai momen di masa lalunya kembali menjadi sorotan. Salah satunya mengenai perjalanan spiritual yang dimilikinya.

Melalui perbincangan dengan Melaney Ricardo dua tahun yang lalu, Kiki Fatmala sempat mengakui bahwa hidupnya lebih damai. Selain itu, ia tidak lagi memikirkan hal-hal yang berbau duniawi.

Pada kesempatan yang sama, Kiki Fatmala mengungkapkan mengenai keinginannya saat meninggal dunia. Ia bercerita mengenai sosok seperti apa dirinya saat itu, yang berbeda dari sebelumnya.

"Apa yang Kiki Fatmala pengen saat nanti dipanggil oleh Tuhan? Apa yang Mbak Kiki pengen orang mengingat dari seorang Kiki Fatmala?" tanya Melaney Ricardo, dilansir dari channel YouTube miliknya.

"Apakah ingin diingat dari zaman dulu, mohon maaf dari seksnya? Atau dari perseteruan dengan Mama? Apa yang seorang Kiki Fatmala ingin ingat satu, saat nggak ada di dunia ini?" lanjut Melaney Ricardo.

Mendapatkan pertanyaan seperti itu, Kiki Fatmala memberikan jawaban yang tidak kalah menarik. Jawaban tersebut berkaitan dengan bagaimana dirinya menjalin hubungan dengan Tuhan.


Menurut Kiki Fatmala, saat ia meninggal, ia ingin diingat sebagai seseorang yang mendekatkan diri kepada Tuhan.  Ia ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan melakukan ibadah.

"Aku ingin ibadah, mendekatkan diri dengan Tuhan," kata Kiki Fatmala.

Selain itu, Kiki Fatmala ingin menjadi seorang manusia yang lebih baik menjelang kematiannya. Ia menyebut dirinya ingin menjadi seseorang yang menjalankan perintah dari Tuhan.

"Aku ingin menjadi manusia yang lebih baik. Aku ingin menjalankan, bukan hanya mendengarkan firman, tapi aku ingin menjalankan firman itu," terangnya.

"Jadi, menjadi pelaku?" tanya Melaney Ricardo.

"Iya, jadi pelaku firman. Aku tuh sekarang, hidup ngapain sih ngoyo-ngoyo, aku udah di masa berpikir, kalau Tuhan kasih usia 10 sampai 15 tahun lagi, itu udah bagus," lanjut Kiki Fatmala.

youtube image