Skip to main content
Mengulik Hubungan Desta Mahendra dengan Kho Ping Hoo

Mengulik Hubungan Desta Mahendra dengan Kho Ping Hoo

Tidak banyak yang tahu hubungan antara Desta Mahendra dengan Kho Ping Hoo. Kedua nama tersebut tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia.

Desta dikenal sebagai sosok presenter kondang, aktor, dan mantan pemain band yang namanya sering wira wiri di layar kaca. Sementara itu, Kho Ping Hoo merupakan seorang seniman sastra fiksi silat yang karyanya banyak digemari masyarakat sejak 1973.

Lantas, apa hubungan Desta Mahendra dengan Kho Ping Hoo? Dilansir dari saluran YouTube VINDES yang tayang pada 19 April 2021 lalu diketahui bahwa Desta merupakan cucu dari Kho Ping Hoo.

Deddy Mahendra Desta atau yang lebih dikenal dengan nama Desta diketahui lahir di Solo, Jawa Tengah pada 15 Maret 1977. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Prakosa Hadiwijaya dan Tina Prakosa.


Dalam penjelasan mengenai silsilah keluarganya, Desta mengatakan jika Kho Ping Hoo merupakan ayah dari sang ibu. Dimana ibu Desta adalah anak ketiga dari seniman tersebut.

“Beliau adalah ayah dari ibu gue. Jadi, nyokap itu anak ketiga Kho Ping Hoo,” kata Desta dikutip Rabu (13/12/2023).

Kho Ping Hoo memiliki nama asli Asmaraman Sukowati. Ia lahir di Sragen, Jawa Tengah pada 17 Agustus 1926 silam. Kho Ping Hoo dikenal secara luas karena karya seni sastra fiksinya yang melegenda di Tanah Air.

Beberapa karya Kho Ping Hoo yang populer antara lain Patung Dewi Kwan Im (1960), Pendekar Bodoh (1961), Darah Mengalir di Borobudur (1961), hingga Pendekar Super Sakti (1969).

Kho Ping Hoo sendiri diketahui menikah dengan seorang wanita bernama Ong Ros Hwa dan dari pernikahan tersebut lahirlah 13 orang anak. Dalam kehidupan pribadinya, Kho Ping Hoo merupakan penganut agama Kristen.