Skip to main content
Meski Sering Tuai Cibiran, Ria Ricis Tetap Ajarkan Mandiri Sejak Dini Pada Moana

Meski Sering Tuai Cibiran, Ria Ricis Tetap Ajarkan Mandiri Sejak Dini Pada Moana


Ria Ricis rupanya punya cara sendiri dalam urusan mendidik buah hatinya, Cut Raifa Aramoana atau Moana. Ia rupanya mengajarkan kemandirian untuk putri kecilnya itu sejak dini.

Sebagai ibu, Ria Ricis ini putri sematawayangnya itu tumbuh dengan kebiasaan mampu melakukan apapun sendiri. Saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan belum lama ini, istri dari Teuku Ryan itu mengaku mengadopsi cara kedua orangtuanya yang terbilang keras dalam mendidiknya dan kedua kakaknya.

1. Perempuan Harus Mandiri


Oleh karena itu, ia pun ingin menerapkan kebiasaan serupa kepada Moana, putrinya. Menurutnya, jadi seorang perempuan tak melulu melekat dengan citra manja.

"Saya sebenarnya dari orangtua keras. Itu lah yang sampai saat ini ia terapkan ke Moana. Kayak aku aplikasikan ke Moana bahwa seorang anak termasuk seorang perempuan itu benar-benar harus mandiri," ungkap Ria Ricis.

Meski begitu, Ria Ricis memahami bahwa terkadang gaya parentingnya kepada sang putri seringkali menjadi perbincangan netizen. Salah satunya ketika Ricis kerap kali memilih diam kala Moana terjatuh.

"Suka banget Moana nyungsep dan itu tuh hanya ibunya yang tahu seberapa tingkat sakitnya dia," ujarnya.

"Nah itu tuh dia masih bisa survive dan bangun sendiri. Bahkan dilanjut lari sama dia gitu kan mungkin orang lihat anaknya nyungsep kok didiemin aja,” sambungnya.

2. Membentuk Karakter

Ria Ricis mengaku bahwa dirinya sengaja tak langsung membantu putrinya itu untuk bangun melainkan membiarkannya untuk bangun sendiri. Ia percaya jika kebiasaan ini turut mempengaruhi pembentukan karakter Moana nantinya agar tumbuh menjadi sosok yang mandiri.

“Jadi itu alasannya kenapa saya selalu biarin Moana berdiri sama kakinya sendiri dulu biar dia bisa merasakan gimana sih rasanya jadi orang mandiri sejak dini, gimana caranya dia tahu posisi dia ini sampai mana dia bisa berusaha,” pungkasnya.