Skip to main content
Rela Kehormatannya direnggut di Usia Belia, Kiki Fatmala Menyesal Menikah Muda: Berumah Tangga nggak cuma modal Cinta

Rela Kehormatannya direnggut di Usia Belia, Kiki Fatmala Menyesal Menikah Muda: Berumah Tangga nggak cuma modal Cinta


Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosok Kiki Fatmala. Diketahui, Kiki Fatmala merupakan artis yang populer di era 80an hingga 90an, bahkan ia juga membintangi banyak film. Akan tetapi, namanya mulai melambung setelah ia membintangi film Si Manis Jembatan Ancol bersama Ozy Syahputra.

Kehidupan Kiki Fatmala memang jarang terekspos kamera. Namun, ia diketahui pernah beberapa kali melangsungkan pernikahan. Terakhir ia menikah dengan seorang pria bule yang bernama Christopher yang mau menerimanya hingga akhir hayatnya.

Namun, ternyata hal itu tidaklah mudah bagi Kiki Fatmala untuk mencari pendamping hidup baru. Sebab, ia sempat merasakan trauma dengan pernikahan. Namun, setelah 14 tahun menjanda, Kiki Fatmala menghilangkan rasa traumanya itu hingga akhirnya menikah dengan Christopher 3 tahun yang lalu.

Kiki Fatmala pertama kali melangsungkan pernikahan dengan seorang disc jockey yang bernama Antonius Salamata pada tahun 1987. Akan tetapi, pernikahannya tersebut hanya bertahan 1 tahun saja yang mana keduanya bercerai pada tahun 1988. Tentunya, Kiki Fatmala menyesal menikah di usia yang terbilang cukup belia.

Melansir dari tayangan video lawas di YouTube Apa Aja Boleh dengan judul "Bintang sinetron yang sesali menikah di usia 18 tahun". Kiki Fatmala ungkap penyesalannya.


“Kalau dulu mikirnya masih kanak-kanak kali yah, masih cinta monyet,” ungkap Kiki sebagaimana yang dikutip dari YouTube Apa Aja Boleh pada Sabtu (2/12/2023).

Artis yang terkenal dengan perannya di sinetron Mariam si Manis Jembatan Ancol pun sadar setelah ia alami kegagalan rumah tangganya untuk kali pertama dalam hidupnya. Setelah menikah untuk pertama kalinya dan gagal, Kiki sadar bahwa menikah itu tidak hanya bermodalkan cinta semata.

"Karena nikah kan gak  cuman modal cinta, apalagi dulu masih umur 17-18, mana ngerti apa-apa sih,” kata Kiki Fatmala.

Dari hal itulah, Kiki merasakan trauma, meskipun ia sering didekati banyak lelaki. Namun, ia tak mau terburu-buru mengambil keputusan. Setelah 16 tahun menjanda, tepatnya pada tahun 2004, Kiki menerima pinangan bule Austria bernama Christian Froescher. Akan tetapi, pernikahannya yang kedua kalinya kembali gagal, yang mana pernikahannya dengan Christian hanya bertahan 2 tahun saja.

Kegagalannya di pernikahan kedua, membuat Kiki kembali merasakan trauma mendalam. Namun, setelah 14 tahun menikmati kesendirian. Kiki akhirnya menikah dengan seorang bule yang bernama Christopher, yang hingga akhir hayatnya selalu menemaninya.


Kini, Kiki Fatmala telah meninggal dunia di usia 56 tahun karena penyakit kanker yang ia derita selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, sebelum kematiannya itu Kiki juga sempat menuliskan surat wasiat meskipun ia tak memiliki anak.

Diketahui, Kiki mengumumkan jika dirinya terkena penyakit kanker pada tahun 2021 lalu melalui unggahannya di akun Instagramnya. Mengetahui hal tersebut, Kiki akhirnya memutuskan untuk menuliskan surat wasiat. Keputusan tersebut diambi setelah ia berbincang-bincang dengan suaminya.

Kisah Kiki Fatmala membuat surat wasiat itupun ia ungkapkan ketika ia menjadi bintang tamu dalam acara FYP yang tayang di Trans 7 pada November 2022 lalu.

"Sempat tuh dua hari kami nangis, mata kita sampai bengkak. Terus dia (suami) bilang, 'Kamu harus pikirin juga untuk bikin surat wasiat,'" ungkap Kiki Fatmala.

"Terus bikin surat wasiat. Aku sudah bikin semua di notaris. Aku juga enggak punya anak, tapi suamiku bilang biasanya orang kalau meninggal yang diributin harta. Semua baiknya ditulis di notaris," tandasnya