Skip to main content
Surat Wasiat Kiki Fatmala Sebelum Meninggal Dunia, Sang Artis Sempat Nangis Usai Divonis Sisa Hidup Tinggal 6 Bulan

Surat Wasiat Kiki Fatmala Sebelum Meninggal Dunia, Sang Artis Sempat Nangis Usai Divonis Sisa Hidup Tinggal 6 Bulan


Innalillahi, kabar duka datang dari artis cantik Kiki Fatmala.

Kabar Kiki Fatmala meninggal dunia tentu saja membuat keluarga dan rekan sesama artis ikut bersedih.

Aktris yang pernah berjaya lewat sinetron Si Manis Jembatan Ancol ini berpulang di usianya yang ke-56 tahun, pada 1 Desember 2023.

Kabar duka ini diumumkan oleh pihak keluarganya melalui Instagram pribadi Kiki Fatmala @qq_fatmala.

Diketahui, Kiki Fatmala sempat divonis mengidap kanker paru-paru stadium 4 sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Dalam akun Instagram Kiki, disebutkan bahwa keluarga menginginkan privasi untuk masa berkabung mereka.

Keluarga memilih untuk menyelenggarakan acara memorial secara privasi.

“Kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat,” tulis pihak keluarga.


Pihak keluarga juga menginginkan media dan publik menghormati keinginan mereka.

Mengenai karangan bunga, pihak keluarga meminta untuk digantikan sebagai sumbangan yang diberikan melalui badan amal sebagai penghormatan terakhir untuk Kiki Fatmala.

Surat Wasiat Kiki Fatmala

Sebelum meninggal dunia, Kiki Fatmala rupanya sempat mengatakan bahwa dirinya sudah menulis surat wasiat.

Hal ini disampaikan oleh Kiki dalam sebuah acara yang dipandu oleh Irfan Hakim dan Raffi Ahmad pada tahun 2022 silam.

Kala itu Irfan Hakim bertanya tentang perjuangan sang artis melawan penyakit kronisnya.

"Rasanya gimana, mbak?," tanya Irfan Hakim dikutip dari kanal YouTube Trans7 Official pada Kamis (13/10/2022).

"Rasanya udah nggak tau mau ngomong apa. Kayaknya udah 'Aduh nggak lama nih hidup', udah mikirnya begitu."

"Stadium 4 kan kanker penyakit yang sangat mematikan, kata dokter harus kemo," terang Kiki Fatmala.

"Ada kan biasanya kalau itu tuh kemungkinan hidupnya?" tanya Irfan.

"Oh iya, ada yang bilang aku cuma 6 bulan karena udah stadium 4 kan" ucap Kiki.

Bahkan, sel kanker dalam paru-paru Kiki ada yang sebesar ponsel.

"Di dalam satu paru-paru, kanker aku tuh udah sebesar handphone."

"Hampir menutupi saluran pernapasan, terus ada yang kecil lagi tiga, ada yang kecil lagi empat. Jadi itu harus melakukan namanya radiasi," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Kiki juga mengaku sudah menulis surat wasiat.

"Tapi katanya pas kemarin sempet divonis itu, udah sempet nulis surat wasiat, udah siapin pemakaman, bener itu?" tanya Raffi Ahmad yang juga menjadi host.

"Udah, udah bikin (surat wasiat), pemakaman belum. Cuma suami aku orangnya selalu berpikir dengan logika, namanya orang meninggal tuh pasti," tuturnya.

Saat mengetahui dirinya mengidap kanker, Kiki dan suaminya hanya menangis.

"Sempet tuh dua hari setelah tau aku cancer, kita nangis. Mata kita sampai bengkak, berdua tuh nangis terus," ujarnya.

Suami Kiki kemudian menyarankannya untuk membuat surat wasiat.

"Dia bilang 'Kamu harus pikirin juga untuk kamu bikin surat wasiat, kamu kalau mau meninggal di mana'."

"Meninggal tuh pasti ya, tapi tetep aja kayaknya sedih banget. Terus dia bilang meninggalnya mau di mana , terus udah gitu bikin surat wasiat," imbuhnya.

Bahkan, Kiki sudah mengurus surat wasiat dengan bantuan notaris.

"Aku udah bikin kok semua, udah di notaris aku bikin," jelasnya.

Akhirnya, Kiki memutuskan untuk membuat surat wasiat pada saat itu.

"Bukan apa-apa, aku juga memang nggak punya anak ya. Tapi suami aku bilang 'Biasanya orang kalau udah meninggal, yang diributin apa?'"

"Harta ya kan, jadi sebaiknya semua ditulis di notaris, jadi aku udah buat semua," tutupnya.

Kini Kiki Fatmala telah selesai berjuang melawan sakitnya.

Nama besarnya akan terus dikenang sebagai sosok aktris legendaris Tanah Air oleh para penggemarnya.

Rest in peace Kiki Fatmala.