Skip to main content
8 Sumber Kekayaan Inul Daratista, Keluhkan Pajak Hiburan Naik 40-75 Persen

8 Sumber Kekayaan Inul Daratista, Keluhkan Pajak Hiburan Naik 40-75 Persen

Adanya rencana kenaikan pajak hiburan sebesar 40-75% menjadi sorotan. Bahkan, hal ini juga turut menjadi perhatian bagi Inul Daratista.

Penyanyi sekaligus pengusaha ini mengajukan protes keberatan atas besarnya kenaikan tarif pajak hiburan kepada Sandiaga Uno. Melalui unggahan di akun Instagram, ia mengungkapkan besarnya kenaikan tarif pajak hiburan sebesar 40-75% ini dianggap memberatkan banyak pengusaha.

Bahkan, Inul Daratista juga berujar jika kenaikan rencana kenaikan pajak tersebut juga berpotensi mematikan industri pariwisata tanah Air. Tak hanya itu saja, jika adanya kenaikan tarif pajak, maka biaya yang akan dibebankan kepada pemilik usaha juga meningkat hingga membuat berkurangnya pengunjung karena menaikan tarif yang sudah ada.

"Baca ini kok aku jd heran yo , gak mematikan gimana ??40-75% …. itungane piye (hitungannya bagaimana) ? dibebankan ke costumer??" tulis Inul Daratista.

"wong tamu naik 10rb aja megap2… teriak2…!!saya aja termasuk org yg taat pajak lihat ini kadu kebelet keluar masuk toilet !!!!!!itungan dr mana kita bs bayar pajak segini gedenya pak ??@sandiuno," lanjutnya.

Seperti yang diketahui Inul Daratista sendiri memang memiliki usaha karaoke sebagai pemasukan tambahan selain bernyanyi. Bahkan, ibu satu ini juga diketahui memiliki beberapa bisnis lainnya yang jadi sumber kekayaannya.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa sumber kekayaan Inul Daratista yang juga sempat jadi sorotan, Minggu (14/1/2024).

1. Penyanyi dangdut


Inul Daratista sendiri dikenal luas sebagai salah satu penyanyi dangdut Tanah Air populer. Telah eksis dari tahun 90-an, Inul pun masih sering mengisi berbagai acara on air atau off air untuk bernyanyi. Bahkan, tarif Inul Daratista untuk sekali manggung dikabarkan mencapai Rp 300 juta.

2. Juri kompetisi


Tak hanya aktif sebagai penyanyi, Inul Daratista juga beberapa kali tampil sebagai juri di ajang pencarian bakat dangdut. Tentu saja, bayaran yang ia terima akan berbeda saat menjadi penyanyi. Inul sendiri dikabarkan mendapatkan penghasilan sekitar Rp 60-100 juta setiap episode.

3. Presenter tv


Inul Daratista juga melebarkan sayap di dunia entertainment dengan menjadi pembawa acara sebuah program tv. Bahkan, istri dari Adam Suseno ini pernah memiliki beberapa program televisi yang juga dinantikan oleh penonton.

4. Iklan dan endorsment


Wanita kelahiran Pasuruan, Jawa Timur ini juga terbilang aktif menjadi model iklan berbagai produk. Ia juga kerap menjalani syuting iklan untuk produk tertentu. Tak hanya itu saja, melalui akun Instagram, diketahui pula jika Inul Daratista truut menerima endorsment. Melalui akun Instagram, Inul sendiri kerap mempromosikan berbagai produk dari kuliner hingga kecantikan yang tentunya akan menambah penghasilannya.

5. Bisnis karaoke


Inul Daratista juga menjadi salah satu artis populer yang sukses membuka bisnis karaoke. Bahkan, bisnis karaoke bernama Inul Vizta ini telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dirilis pada 2005, Inul Daratista juga diketahui memiliki karyawan hingga ribuan yang bekerja di bisnis satu ini.

6. Bisnis kuliner


Sama seperti beberapa artis lainnya, Inul juga memiliki bisnis kuliner. Bisnis kuliner yang dimiliki oleh Inul sendiri merupakan bisnis keripik bernama Inul Food. Tak hanya itu saja, ia juga memiliki bisnis kue kekinian bernama Inul Cake n Pastry. Bahkan, ia juga memiliki sebuah restoran BBQ berkonsep Kore. Beberapa waktu lalu diketahui pula jika Inul Daratista memiliki pabrik mi sendiri. Berasal dari menjadi model produk mi, kini Inul dan sang suami mengembangaknnya menjadi pabrik yang memproduksi mi tersebut.

7. Bisnis wisata


Tak berhenti disitu saja, rupanya Inul juga membuka bisnis pariwisata. Di kampung halamannya, Pasuruan, Jawa Timur, Inul diketahui membangun bisnis wisata wahana permainan air bernama Saygon Waterpark. Bahkan, ia juga memimliki kebun kurma bernama Duta Kebun Kurma yang turut dijadikan tempat wisata.

8. Bisnis kosmetik


Ibu satu anak ini diketahui memiliki bisnis lain sebagai pemasukan tambahannya. Ia merintis usaia kecantikan bernama Inul Beauty. Dalam produknya, Inul tak hanya mengembangkan bisnis di bisnis skincare dengan mengeluarkan serum wajah hingga minuman diet, tapi juga kosmetik seperti lipstik, bedak ataupun BB Cream.