Skip to main content
BCL Tuai Kritik Gara-Gara Pakai Eyelash Extension saat Umrah

BCL Tuai Kritik Gara-Gara Pakai Eyelash Extension saat Umrah

Bunga Citra Lestari (BCL) diketahui tengah menjalani ibadah umrah. Dalam perjalanan itu, dia turut memboyong sang suami, Tiko Aryawardhana dan putranya, Noah Sinclair. 
Momen kunjungannya ke Tanah Suci dibagikan BCL lewat akun Instagram pribadinya, pada 1 Januari 2024. Salah satunya, momen selfie di depan Kakbah bersama suami dan anaknya.

Unggahan BCL itu kemudian ramai dikomentari warganet yang meminta agar pelantun Sunny tersebut bisa memperbaiki gaya berpakaiannya sepulang umrah. “Semoga bajunya enggak kebuka lagi sepulang umrah,” tutur akun @titien_agustina.

Akun @sriwardalina turut berkomentar, “Yang istiqomah ya Mbak BCL. Sopan seperti ini lebih membuat Mbak semakin berharga.” Akun @adfaelmajdub menambahkan, “Semoga enggak pakai baju yang pendek-pendek selepas dari Makkah. Aamin.”


Tak hanya soal baju, beberapa netizen juga tampak mengomentari eyelash extension yang menghiasi mata ibu satu anak tersebut. “Umrahnya jadi sia-sia enggak sih kalau pakai bulu mata palsu atau eyelash extension?” tulis akun @empatttt4444.

Akun @miyamustafa.14 menambahkan, “Salat sambil pakai eyelash extension? Pernah dengar ustadzah bilang, salatnya enggak sah kalau pakai semua itu. Lagipula buat umrah untuk apa pakai eyelash extension. Sia-sia saja pahalanya.”

Aturan terkait penggunaan eyelash extension saat salat sempat dijelaskan Ustadz Fauzan Amin, Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadits Indonesia, pada 2020. Dia menjelaskan, dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, menyambung rambut adalah haram.

“Karena orang-orang yang melihatnya akan mengatakan kamu adalah perempuan yang menyambut rambut atau washilah,” tutur Ustadz Fauzan.*