Skip to main content
Jadi Anak Cak Nun & Belajar Agama Sejak Kecil, Noe Letto Justru Ngaku Belum Lama Memeluk Islam

Jadi Anak Cak Nun & Belajar Agama Sejak Kecil, Noe Letto Justru Ngaku Belum Lama Memeluk Islam


Sabrang Mowo Damar Panuluh alias Noe Letto ternyata punya kisah yang unik dalam perjalanan spiritualnya. Semua orang tentu banyak yang mengira kalau Noe yang merupakan putra dari pendakwah kondang Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun pasti memeluk agama Islam dari lahir.

Tetapi ternyata Noe membuat pernyataan yang mengejutkan dalam sebuah tayangan di kanal YouTube Daniel Mananta Network belum lama ini.


Noe menyebut kalau dia mendapat sebuah pencerahan dalam perjalanan spiritualnya. Ia mendapati definisi yang berbeda dari bersaksi atas keberadaan Tuhan. 


"Saya Islam itu belum lama, saya dulu mengira Islam mengajarkan kita percaya dengan Tuhan & Nabi Muhammad, tapi waktu saya belajar ternyata tidak seperti itu. Karena Syahadatnya mengucapkan saya bersaksi adanya Tuhan," ujar Noe, dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network pada Kamis (4/1/2024). 


Noe menyebut kalau dirinya baru tahu soal ilmu terkait bersaksi dan percaya tentang adanya Tuhan. Karena itulah ia, mengaku belum lama memeluk Islam.


"Saya belum Islam kalau saya tidak bersaksi adanya Tuhan, ketika saya belajar saya baru paham hal tersebut. Dua kata tersebut memiliki makna berbeda, percaya belum tentu bisa membuktikan, kalau bersaksi sudah ada buktinya," lanjutnya. 


Noe Letto kemudian menekankan bahwa sebenarnya dirinya sudah mengucapkan Syahadat sejak kecil tapi ia belum paripurna beragama Islam karena belum memahami makna dari kalimat tersebut.


"Kalaupun saya sudah bersyahadat waktu SD, saya belum paham memeluk agama Islam karena saya belum bersaksi. Saya merasa Islam karena dari pemahaman dan terjemahan bahasa Indonesia, soal bersaksi dan percaya," jelasnya lagi.


Perjalanan spiritual Noe disebut begitu panjang dan berliku. Sebelumnya, Noe sempat mengaku menjadi atheis saat kuliah di Kanada. Hal ini ia sampaikan lewat kanal YouTube Deddy Corbuzier pada 2023 lalu. 


Usai makin memperdalam agama, Noe akhirnya 'kembali' bersyahadat memeluk Islam, meski sebenarnya ia telah islam dari lahir dan menjadi anak dari pemuka agama.