Skip to main content
Marshanda Sempat Alami Fase Psikotik saat Bipolar, Tak Tidur 14 Hari

Marshanda Sempat Alami Fase Psikotik saat Bipolar, Tak Tidur 14 Hari


Marshanda sempat mengalami fase psikotik saat mengidap bipolar. Efeknya, dia tidak tidur selama 14 hari.

Dalam kanal YouTube dr. Richard Lee, Marshanda mengatakan fase psikotik ini, di mana dirinya tidak bisa membedakan antara halusinasi dan realita.

"Bahagia yang paling bahaya halusinasi sampai psikotik. Jadi psikotik itu adalah, di mana kita sudah gak bisa bedakan halusinasi sama realita dan itu bahaya. Itu gue sudah harus under monitor dan supervisi dan diurus sama dokter," ujar Marshanda dikutip dari kanal YouTube Dokter Richard Lee, Selasa (9/1/2024).

Merasa kondisinya sudah cukup parah, akhirnya wanita yang akrab disapa Caca itu memutuskan menghubungi keluarga dan meminta ntuk dibawa ke rumah sakit hanya demi bisa tidur nyenyak.

"Karena waktu itu masih denial, gue langsung dari masanya minum obat, gue quite dari sekian miligram dari beberapa obat langsung ke zero karena gue in denial banget dan itu bahaya menurunkan obat langsung sedrastis itu," tuturnya.

Saat halusinasi, Marshanda melihat dan mendengar yang tidak bisa dilihat dan didengar orang lain, salah satunya kejadian di masa lampau yang berkaitan dengan traumanya.