Skip to main content
Tak Peduli Larangan Ndank Surahman, Stinky Reborn Tetap Bawakan Lagu 'Mungkinkah'

Tak Peduli Larangan Ndank Surahman, Stinky Reborn Tetap Bawakan Lagu 'Mungkinkah'

Stinky Reborn terlihat cuek dengan somasi terbuka yang dilayangkan mantan gitarisnya, Ndank Surahman.

Pasalnya, saat manggung di Rumah Goa, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (2/1/2024) sore, Stinky Reborn yang tampil dengan tiga personel, yakni Irwan Batara dengan dua vokalis baru Ferdy dan Rendra, masih membawakan lagu 'Mungkinkah'.


Manggung di Rumah Goa, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (2/1/2024) sore, Stinky Reborn yang tampil dengan tiga personel, yakni Irwan Batara dengan dua vokalis baru Ferdy dan Rendra, masih membawakan lagu 'Mungkinkah'.


Usai tampil, Irwan menjelaskan mengapa Stinky masih membawakan lagu 'Mungkinkah'. Menurut Irwan, lagu tersebut bukan hanya Ndank sendiri yang menciptakan, melainkan juga dirinya. Bahkan, sudah terdaftar di publisher.


"Dari segi legal atau hukum ini lagu Mungkinkah itu diciptakan oleh 2 orang, Irwan dan Ndank. Kenapa kita masih tetap membawakan lagu Mungkinkah karena lagu itu secara legal terdaftar di publisher atau lembaga kolektif royalti seperti KCI dan WAMI terdaftar atas dua nama," kata Irwan Batara.


"Jadi Kalau Ndank melarang, kan Stinky masih ada Irwan. Kecuali kalau lagu yang Ndank ciptakan sendiri, its oke. Kita tidak akan membawakan. Tapi kan itu lagu Ndhank dan Irwan," lanjutnya.


Seperti diketahui, Ndank Surahman pada 30 Desember 2023 melalui video yang diunggah lewat media sosial miliknya melarang Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu-lagu ciptaannya, seperti Mungkinkah dan Jangan Tutup Dirimu.


Mengingat proses penciptaan lagu Mungkinkah dilakukan bersama, Irwan menganggap somasi Ndank tidaklah serius. 


Apalagi dalam somasi, Ndank tidak didampingi dengan pengacara. 


Setelah dilakukan audisi mencari vokalis baru di Dopi Cafe Tangerang, pada Rabu 1 November 2023 malam. Kini Stinky Reborn telah menemukan vokalis baru.