Skip to main content
Bakal Bangun Lapangan Golf Senilai Rp1,2 Triliun, Ini 8 Potret Darma Mangkuluhur Putra Tommy Soeharto yang Dijuluki 'Pangeran Cendana' - Bisnisnya Menggurita

Bakal Bangun Lapangan Golf Senilai Rp1,2 Triliun, Ini 8 Potret Darma Mangkuluhur Putra Tommy Soeharto yang Dijuluki 'Pangeran Cendana' - Bisnisnya Menggurita

Sosok Darma Mangkuluhur putra Tommy Soeharto bisa jadi sudah tak asing di mata publik. Ia baru-baru ini dikabarkan akan membangun lapangan golf dan siap gelontorkan dana senilai Rp1,2 triliun. Sebelumnya, Darma sendiri sudah punya berbagai bisnis. Berikut selengkapnya. 


Nama Darma Mangkuluhur belakangan sedang jadi sorotan publik. Pasalnya, ia dikabarkan akan membangun lapangan golf di Sentul, Bogor, Jawa Barat dengan dana sebesar Rp1,2 triliun.


Ia memang tercatat sebagai komisaris di PT Intra GolfLink Resorts (IGR). Menurut CNN Indonesia, Darma juga menjadi komisaris di PT Wisma Purnayudha Putra, sebuah perusahaan properti.


Masih dilansir dari sumber yang sama, Darma memimpin PT Humpuss Land, anak usaha Humpuss Group, yang bergerak dalam properti, konstruksi, dan real estate.


Salah satu bisnis Darma yang sempat viral adalah Lounge in The Sky Jakarta. Itu adalah restoran pertama di Indonesia yang memberikan sensasi makan di ketinggian 50 meter.


Tak sampai di situ saja, sosok yang juga dijuluki sebagai Pangeran Cendana ini punya restoran restoran BOCA RICA Tapas Bar & Lounge. Restoran tersebut menyajikan makanan Spanyol.


Selain berbisnis, Darma juga menggemari dunia balap sejak kecil. Tercatat, ia pernah mengikuti Asia Karting Open Championship 2012 dan Asian Formula Renault 2015.


Menggeluti berbagai bisnis dan hobi, Darma juga punya latar pendidikan yang mentereng. Ia menempuh pendidikan SMA di Overseas Family School, Singapura dan S1 di  EU Business School, Barcelona, Spanyol.


Selain suka balapan, Darma juga senang mencoba berbagai aktivitas outdoor seperti menembak, paralayang, golf, hingga sekadar naik motor santai.