Skip to main content
Foto Kocak Komeng di Surat Suara Viral, Ternyata Hasil Selfie di Depan Rumah

Foto Kocak Komeng di Surat Suara Viral, Ternyata Hasil Selfie di Depan Rumah


Foto kocak Komeng di surat suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan Jawa Barat masih terus menjadi bahan perbincangan. Caleg bernama asli Alfiansyah Komeng itu berfoto nyeleneh yang kontras dengan ekspresi serius para caleg lainnya.

Komedian 53 tahun itu lalu membeberkan cerita saat fotonya tersebut diambil. Rupanya, foto yang dipergunakan untuk Pemilu itu Komeng ambil sendiri dalam mode selfie.

Saat itu Komeng bahkan tak mempersiapkan apa-apa. Saat mau pergi, dia melihat cahaya matahari yang memadai, langsung saja dia keluarkan ponselnya dan ambil gambar wajahnya sendiri dengan kamera depan.


"Iya, foto sendiri. Pas pagi kan matahari kan lagi kenceng, itu selfie itu, foto sendiri di depan rumah, cekrek cekrek," terang Komeng saat dihubungi awak media, Rabu (14/2/2024).

"Sudah, jalan, sembari manasin mobil. Mau ke mana gitu, ada pertemuan," katanya menyambung.

Pelawak dengan jargon "Uhuy!" itu lalu menjelaskan alasannya mengambil foto dengan eskpresi aneh alih-alih dengan paras yang meyakinkan agar terpilih. Sederhana, Komeng ternyata cuma ingin berbeda dari yang lain.

"Itu kan suratnya nggak bersuara, makanya ane bikin bersuara. Ya ane demen aja, anti mainstream, nggak sama kayak orang lain," ujar Komeng. 

"Iya. Kayak spontan bagaimana diterima oleh orang-orang, 'apaan nih?' gitu," imbuhnya.


Komeng sendiri tak pernah berniat membuat fotonya viral. Dia juga tak sengaja membuat foto nyeleneh itu sebagai strategi agar dicoblos.

"Tujuan ke situ sih nggak ada. Memang saya pada dasarnya suka konsep ngelawak aja, pengin sesuatu yang baru," ucapnya.

Di sisi lain, Komeng juga bercerita bahwa fotonya itu tak pernah dilarang oleh petugas KPU. Malah, dirinya ditertawakan saat menyerahkan potretnya tersebut. 

"Kalau KPU Jabar, menyarankan pakai baju daerah, boleh juga pakai yang membuat khas diri masing-masing. Nah, saya bawa foto itu, dia ketawa," kata sang komedian.

"Saya bilang, 'ini gue melanggar nggak nih? Salah nggak?', (kata petugas) 'nggak sih pak, nggak ada peraturannya kayak begini, kalau abang begini, nggak masalah', katanya begitu, hahaha," sambungnya. 

Sementara itu, Komeng juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilihnya. Lewat cuitannya di akun X, Komeng mengunggah foto dirinya yang ada di surat suara pemilihan DPD itu.

Dia mengedit fotonya sendiri yang seolah-olah telah banyak dicoblos.