Skip to main content
Ustaz Solmed Sindir 'Ustaz Nyelonong' Teman dr. Richard Lee, Felix Siauw atau Derry Sulaiman?

Ustaz Solmed Sindir 'Ustaz Nyelonong' Teman dr. Richard Lee, Felix Siauw atau Derry Sulaiman?

Dokter Richard Lee baru-baru ini mengundang Ustaz Solmed untuk berbincang-bincang di kanal YouTube miliknya. Namun setelah konten tersebut tayang, Dokter Richard baru menyadari pernyataan Ustaz Solmed soal sebutan 'ustaz nyelonong'.

Sebutan itu diberikan Ustaz Solmed kepada ustaz yang nyeleneh atau ia bahasakan dengan kata 'nyelonong'. Menurut Ustaz Solmed, ustaz nyelonong tersebut adalah teman dr. Richard Lee.

"Ustaz nyelonong itu yang kayak gimana?" tanya dr. Richard Lee.

"Gue nggak mau nyebut, temen lu banyak masalahnya," jawab Ustaz Solmed.

Potongan video YouTube tersebut lantas dibagikan ulang oleh dr. Richard Lee melalui Instagram pada Minggu (18/2/2024). Dokter Richard dibuat bertanya-tanya hingga menanyakannya kepada netizen.

"Banyak ustaz yang nyeleneh, banyak ustaz yang nyelonong, salah satunya temenku. Siapa ya?" tanya dr. Richard Lee.

Nama Ustaz Felix Siauw lantas disebut. Pasalnya Ustaz Felix Siauw dan dr. Richard Lee bersekolah di SMA yang sama.

"Ustaz Felix Siauw kan SMA-nya bareng dengan aku. Nggak pesantren, soalnya dia bilang pesantren," tutur dr. Richard Lee.

"Tapi Ustaz Felix Siauw kan ilmunya banyak banget loh. Sejarahnya itu dia hafal banget," sambung dokter yang punya klinik kecantikan tersebut.

dr. Richard Lee perlu tahu agar para penonton YouTube-nya tidak mencontoh dan belajar dari ustaz nyelonong tersebut. Nama Ustaz Derry Sulaiman pun ikut terseret.


"Apa yang dimaksud Ustaz Derry ya? Ustaz Derry kan umatnya banyak banget ya dan selalu adem kalau ngejelasin," kata dr. Richard Lee.

Di akhir videonya, dr. Richard Lee kembali menyertakan potongan video bincang-bincangnya dengan Ustaz Solmed. Sebutan ustaz nyelonong menurut Ustaz Solmed rupanya tidak berkaitan dengan para ustaz yang mematok tarif saat berceramah.

"Kalau Ustaz yang narif itu nyelonong nggak?" tanya dr. Richard Lee.

"Nggak dong. Kan Dokter (Richard) nyebut status," pungkas Ustaz Solmed.

Mendengar namanya disebut, Ustaz Derry Sulaiman berkomentar hanya dengan menyertakan emoji tertawa terbahak-bahak sambil menangis. Sementara warganet mengkritik Ustaz Solmed yang nyinyir pada rekan seprofesinya.

"Ulama yang baik, seharusnya tidak menjelek-jelekkan ulama lain. Ulama itu punya ciri khas bahasanya masing-masing, walaupun sebenarnya semua ulama menguasai semua ilmu," komentar akun @royu_o***.

"Akhlak yang baik itu tidak menyindir dan membicarakan saudaranya, apalagi sesama muslim. Jangan suka mencari-cari aib orang lain, fokus saja dengan kekurangan kita sendiri," sahut akun @nilaan***.