Skip to main content
Dokter Sarankan Warga Tak Asal Percaya Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Berkaca dari Fenomena Ponari

Dokter Sarankan Warga Tak Asal Percaya Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Berkaca dari Fenomena Ponari

Sosok Ida Dayak tengah viral di media sosial karena disebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan tulang. Dokter Asa ibrahim memperingatkan warga agar tak asal percaya.

Viralnya pengobatan alternatif Ida Dayak tentunya mengundang banyak komentar, termasuk dr Asa ibrahim Sp.OT. Dia meminta warga agar berkaca dari kasus Ponari, dukun cilik asal Jombang yang dianggap bisa mengobati berbagai penyakit dengan batu petir.

"Sekadar mengingatkan, ribuan orang pernah kegocek, Ponari jadi kaya raya(sempat). Beberapa pasien sempat ada yang tambah parah bahkan sampai meninggal," tulisnya di unggahan Twitter, Rabu (5/4/2023).

"Pasien-pasiennya? Ujung-ujungnya ya berobat lagi ke dokter," sambungnya.

Dokter Asa ibrahim menganggap viral pengobatan alternatif Ida Dayak menarik lantaran bukan pertama kalinya terjadi di Indonesia. Dia pun penasaran apakah fenomena ini juga akan berakhir seperti sosok-sosok viral sebelumnya.

"Yang namanya medis kadang emang saklek, ada penyakit yang nggak bisa sembuh kalo nggak dioperasi. Banyak orang yang nggak bisa menerima itu, akhirnya percaya dengan yang katanya bisa menyembuhkan tanpa operasi, manusiawi sekali," ungkapnya soal alasan orang terkadang lebih memilih pengobatan alternatif.

"Kalau sendi sudah rusak parah, bengkok parah, ya pilihan medis dengan operasi. Apa Anda nggak tergoda dan coba-coba kalau ada yang mengaku bisa menyembuhkan tanpa operasi?" pungkasnya.

Diketahui, Ida Dayak mengobati penyakit dengan minyak Dayak yang diyakini berkhasiat dan ampuh untuk menyembuhkan pasiennya. Pasien Ida membludak, terlebih lagi karena dia tak mematok tarif alias dibayar seikhlasnya. Pantas banyak yang tergoda.